Kesuksesan sebuah bisnis
sangat ditentukan banyak tidaknya jumlah omset penjualannya. Karena itu,
pebisnis harus bisa memastikan pertambahan jumlah konsumen atau pelanggannya. Menggaet
dan mempertahankan pelanggan bukanlah perkara mudah. Tetapi berbagai kiat bisa
diaplikasikan, supaya bisa mewujudkan harapan tersebut. Nah, apa sajakah
berbagai tindakan tepat yang dapat dilakukan, agar pelanggan bisnis terus
meningkat secara signifikan?
Memberikan Deskripsi Produk Secara Detail
Selain menampilkan foto
produk dari berbagai bagian, sangatlah penting untuk menyajikan penjelasan atau
deskripsi produk secara mendetail. Hal itu bertujuan agar calon pembeli bisa
memahami produk yang akan dibelinya. Mulai dari bahan atau material yang
digunakan, ukuran, pilihan warna, dan lain sebagainya.
Sangat tepat juga kalau
disampaikan pula cara penggunaan, cara perawatan, dan lain sebagainya. Sehingga
produk yang digunakan tetap awet, dan tidak berbahaya bagi penggunanya. Dengan
informasi yang relatif lengkap, maka bisa menjadi edukasi berguna bagi
konsumen. Selain itu, bisa menghindari berbagai pertanyaan umum, yang biasanya
dilontarkan oleh calon pembeli.
Jangan lupa untuk
menjelaskan cara membeli produknya. Apalagi kalau produk tersebut bisa
dikostuminasi. Kamu harus menjelaskan apa saja bagian yang bisa dibuat secara
custom, lamanya waktu pengerjaan, harga, dan sebagainya. Intinya semakin
lengkap penjelasannya, semakin bagus pula untuk menghasilkan penjualan. Karena
semakin yakin pula calon konsumen untuk membelinya.
Jangan Mudah Terpancing Emosi, Tetap Ramah Dalam Melayani Konsumen
Terkadang meskipun sudah
diberikan penjelasan yang terbilang lengkap di bagian deskripsi produk, tetapi
masih banyak pula konsumen yang enggan membacanya. Sehingga meskipun sudah
dijelaskan, mereka akan tetap melayangkan pertanyaan yang serupa. Kadang kala
kondisi itu membuat penjual malas untuk memberikan penjelasan lagi.
Parahnya lagi kalau cara
bertanya mereka cenderung tidak membuat kamu nyaman. Wajar saja kalau emosi
mudah sekali terpancing. Namun, dalam kondisi itu janganlah gampang terbawa
emosi. Kamu harus tetap sabar dan ramah dalam melayaninya. Jadikanlah hal itu
sebagai penguji kemampuan kamu dalam memberikan pelayanan prima kepada semua
konsumen.
Kalau kondisi itu
berhasil diciptakan, calon konsumen tersebut bisa saja menjadi pelanggan setia.
Bahkan dengan sukarela mempromosikannya kepada orang lain. Hal itu karena
mereka merasa sangat puas dengan pelayanan yang kamu berikan. Karena memang
tidak semua penjual atau pebisnis online bisa memberikan pelayanan yang serupa.
Selalu Cepat Tanggap Bila Dihubungi Oleh Konsumen
Pelayanan yang fast response sudah pasti sangat disukai
oleh para konsumen. Karena tanpa menunggu waktu yang lama, mereka bisa
mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau bahkan keluhannya. Sapaan hangat,
pelayanan yang sangat ramah, dan sabar, sudah pastinya membuat konsumen nyaman.
Sehingga mereka pun semakin yakin kalau kamu adalah recomended seller.
Supaya konsumen bisa
menghubungi kamu dengan mudah, dan cepat, maka berikan berbagai sarana
komunikasi yang sering digunakan. Seperti nomor telepon atau handphone,
aplikasi WhatsApp, BBM, LINe, email, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk
sarana pengiriman uangnya, sediakan juga beberapa pilihan, seperti BCA, BRI,
Bank Mandiri, BNI, dan sebagainya.
Kabarkan Kalau Pesanan Sudah Dikirim Beserta Nomor Resinya
Jika orderan sudah kamu
kirim sesuai jasa ekspedisi keinginan konsumen, maka jangan lupa untuk
memberikan konfirmasi kalau barang sudah dikirimkan ke penerima dan alamat yang
diberikan. Sebagai bukti orderan sudah dikirim, berikan pula nomor resi
pengirimannya. Sehingga pelanggan sangat yakin kalau barangnya sudah dikirim.
Sekaligus mereka bisa melakukan tracking
atas pengiriman tersebut.
Memang tidak semua orang
mau melakukan pengecekan sendiri, atas barang pesanan yang sudah dikirimkan
tersebut. Oleh karenanya, wajar bila masih saja bertanya kapan barangnya
sampai. Terutama kalau estimasi pengiriman melewati dari waktu standarnya. Nah,
agar pelanggan merasa terbantu, kamu bisa membantunya dengan melakukan
pengecekan status pengirimannya.
Sampaikan berbagai
hambatan kenapa pengiriman menjadi lama. Bisa jadi terjadi keterlambatan dari
pihak ekspedisinya. Bisa juga karena kegagalan kirim, semisal rumah selalu
kosong sehingga petugas pengiriman tidak bisa menyerahkannya kepada penghuni
rumah tersebut. Permasalahan lain juga bisa karena alamat yang tidak begitu
jelas, dan sebagainya.
Untuk itu, pastikan
alamat tujuan pengiriman sangat lengkap. Mulai dari nama jalan, RT dan RW,
kelurahan, kecamatan, kabupatan atau kota, provinsi, kode pos, dan juga nomor
handphone penerima. Cara itu bisa memudahkan petugas ekspedisi dalam menemukan
alamatnya, dan kalau kesulitan bisa menghubungi nomor ponsel yang tertera.
Terkadang kamu tidak bisa
memantau apakah produknya sudah terkirim. Karena itu, sampaikan juga agar konsumen
memberikan konfirmasi, jika paketnya sudah diterima.
Biasanya mereka akan
memberikan penilaian atas barang yang dibelinya. Nah, hal itu bisa juga
dijadikan sebagai testimoni pelanggan. Kalau pun ada feedback negatif, jadikan itu sebagai kritikan membangun. Agar
produk dan layanannya semakin bagus di kemudian hari.
Garansi Produk Memberikan Ketenangan Kepada Pelanggan
Saat membeli produk
secara online, memang terdapat keterbatasan. Seperti tidak bisa meraba
barangnya langsung, mencicipi rasanya, fitting
baju seperti membeli di mall atau butik, dan sebagainya. Oleh karena itu,
sangat tepat kalau kamu memberikan garansi atas produk yang dibelinya. Cara ini
akan semakin menimbulkan kepercayaan terhadap seller-nya.
Kepuasan pelanggan
pastinya sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Oleh karena itu,
jangan pernah melupakan faktor tersebut. Pelanggan adalah aset yang sangat tak
ternilai harganya. Jadi setidaknya lakukan berbagai tips di atas, demi
keberhasilan bisnisnya. Pastinya masih ada berbagai cara tepat yang dapat
dilakukan, yang bisa disesuaikan dengan bisnis yang digeluti.
Agar bisa berbisnis di
dunia maya berbagai cara bisa dilakukan. Seperti menciptakan produk sendiri,
menjadi reseller, drophipper, mengikuti program afiliasi,
dan sebagainya. Nah, kamu bisa menentukan sendiri, produk dan cara yang
dilakukan.
Salah satunya dengan
menjadi reseller, dan drophipper produk kerajinan kulit
custom. Aneka produk seperti gelang, gantungan kunci, magnet kulkas, kalung,
dompet STNK, pengait kabel, dan sebagainya bisa menjadi komoditi bisnis, yang
mendatangkan keuntungan sangat menggiurkan.
Apalagi beragam produk
kerajinan kulit tersebut bisa dibuat secara custom. Jadi pelanggan bebas
menentukan bagian yang boleh dicustom. Dengan begitu, produknya sangat
personal, dan tiada duanya. Bagaimana cara menjadi mitra bisnis tersebut, kamu
bisa langsung hubungi admin melalui 0896-7408-7899 (Call/SMS/WA).